Tulisan Gratis

Cara Memilih Dokter Kandungan

.
Memilih Dokter Kandungan Apabila ibu saat ini sedang merencanakan kehamilan atau ingin cepat hamil, ada baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan dan mengikuti program perencanaan kehamilan. Pada program tersebut dokter akan menganalisa mengenai tingkat kesuburan suami dan tingkat kesuburan istri melalui serangkaian test pra kehamilan seperti tes sperma pada suami dan test fisik pada istri seperti melihat posisi rahim dsb. baca juga Cara Menggugurkan Kandungan


Pada program tersebut dokter kandungan akan memberikan tuntunan mengenai masa subur dan waktu yang tepat untuk berhubungan intim agar prosentase terjadinya kehamilan dapat meningkat. Dengan demikian tidak salah memang apabila kita memilih untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan bila ingin cepat hamil atau justru menunda kehamilan.

Dokter kandungan merupakan figur yang akan kita tunjuk sebagai ahli dan penolong kita tidak hanya selama trimester kehamilan justru pada saat kritis pada saat kita akan melahirkan atau terjadi sesuatu yang mengharuskan kita melahirkan sebelum Hari Perkiraan Lahir prematur.

Untuk itulah kita harus mendapatkan dokter kandungan yang tepat agar semua proses berjalan dengan baik. Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih dokter kandungan?


Rekomendasi Kolega
Ada banyak sekali dokter kandungan yang membuka praktek di sekitar kita. Bila ibu pergi ke rumah sakit, setidaknya ada 3 dokter kandungan yang membuka praktek bukan? Nah rekomendasi dari teman atau keluarga bisa memperkecil jumlah dokter kandungan terbaik yang harus diseleksi kembali.
Teman atau keluarga juga tentunya memiliki pengalaman tertentu mengenai dokter kandungan terbaik di daerah kita dan cerita seputar kelebihan maupun kekurangan masing-masing dokter kandungan tersebut dalam menangani kehamilan dan kelahiran.
Tingkat Keahlian Dokter
Terkadang seorang dokter kandungan tertentu dapat saja dikenal dengan ketrampilan menjahitnya sehingga bekas operasi sesar tidak akan terlihat. Dia juga bisa dikenal ahli menggunakan alat non USG untuk memeriksa kondisi janin di dalam kandungan dengan mendengarkan detak jantungnya saja.

Keahlian-keahlian tersebut mungkin kita perlukan bila memang kita merencanakan operasi sesar atau kita tidak ingin terlalu banyak menggunakan alat USG hanya untuk memeriksa kandungan setiap bulan.


Lokasi Praktek Dokter
Lokasi praktek dokter kandungan juga dapat menjadi hal yang perlu dipertimbangkan oleh calon ibu. Jarak dan waktu tempuh yang harus kita lalui untuk mencapai dokter kandungan erat hubungannya dengan ketahanan tubuh kita ketika hamil nantinya.

Jangan sampai ibu terlalu lelah untuk berangkat ke dokter kandungan atau jarak dan waktu tempuh tersebut terlalu lama dan jauh sehingga kehamilan itu sendiri dapat terganggu kesehatannya selama perjalanan.

Lokasi Rumah Sakit Tempat bersalin
Dokter kandungan tertentu biasanya hanya dapat melakukan operasi sesar atau proses melahirkan normal pada rumah sakit tertentu pula. Karena alasan inilah apabila memang anda sudah memilih dokter kandungan, maka tanyakan segera apakah dia bisa mendampingi proses operasi di rumah sakit pilihan kita juga?

Selain pertimbangan diatas ibu juga harus mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh yang harus dihadapi bila kita ingin pergi ke rumah sakit entah dalam kondisi normal atau kondisi darurat yang tidak kita inginkan seperti pecahnya ketuban, pendarahan.

Kemudahan Komunikasi
Semua dokter umumnya memiliki prinsip tersendiri yang bisa saja prinsip dokter kandungan tsb bertentangan dengan kita. Kemudahan komunikasi yang kami maksud adalah apakah dokter tersebut memberikan seluruh informasi kepada kita dan tetap memberikan alternatif putusan kepada kita atau dia sudah menentukan putusan tersebut kepada kita?

Contohnya begini, apabila sejak awal ibu ingin melahirkan normal, berikan informasi tersebut kepadanya sejak awal. Seorang dokter harusnya mendukung pilihan kita dan memberikan informasi medis yang menghalangi niat kita untuk melahirkan normal. Jadi dokter kandungan tidak boleh memutuskan hari dan tanggal operasi sesar kepada kita begitu saja tanpa alasan medis yang cukup.

Satu hal lain terkait komunikasi adalah apakah kita bisa berkonsultasi tentang kehamilan dengan dokter kandungan entah menggunakan media internet, telepon, sms atau bahkan facebook, twitter maupun Instant Messaging seperti BBM, YM dan Whatsapp.

0 komentar:

Posting Komentar